Kumpulan Hadits Terjemahan Hadits Bukhari Muslim

kumpulan hadits, hadits bukhari muslim

Membenci Bapak

Hadits riwayat Abu Hurarirah ra, bahwa rasulullah saw bersabda: "Janganlah kalian membenci ayah ayah kalian, Barang siapa yang membenci ayahnya berarti ia kafir" (HR Muslim).


Tanda Kekafiran

Hadits riwayat Abu Zar ra, bahwa ia mendengar rasulullah saw bersabda: " Setiap orang yang mengaku keturunan dari selain ayahnya sendiri, padahal ia mengetahuinya, pastilah ia kafir (artinya mengingkari nikmat dan kebaikan, tidak memenuhi hak allah dan hak ayahnya). Barang siapa yang mengakui sesuatu bukan miliknya, maka ia tidak termasuk golongan kami dan hendaknya ia mempersiapkan tempatnya di neraka. Barang siapa yang memanggil seseorang dengan kata kafir atau mengatakan musuh allah, padahal sebenarnya tidak demikian, maka tuduhan itu akan kembali pada dirinya" (HR Muslim)


Mengafirkan Temannya

Hadits riwayat Ibnu Umar ra ia berkata, Nabi muhammad saw bersabda: "Apabila seseorang mengafirkan temannya, maka ucapan (yang mengafirkan) itu benar benar kembali kepada salah seorang di antara keduanya (yang mengatakan atau yang dikatakan). (HR Muslim)


Hilang Iman

Hadits riwayat Abu Huraira ra, ia berkata Rasulullah saw bersabda: "Tidak ada pezina yang saat berzina dalam keadaan beriman. Tidak ada pencuri ketika mencuri dalam keadaan beriman, begitu pula tidak ada peminum arak di saat meminum dalam keadaan beriman" (HR Muslim)


Berbaiat Kepada Rasulullah

Hadits riwayat Jarir bin Abdullah ra ia berkata: Aku berbaiat kepada rasulullah saw, untuk selalu mendirikan salat, memberikan zakat dan memberi nasihat kepada setiap muslim. (HR Muslim)


Tentang Penduduk Yaman

Hadits riwayat Abu Mas'ud ra berkata: Nabi saw pernah memberi isyarat dengan tangan ke arah yaman, seraya bersabda: "Ingatlah, sesungguhnya iman ada di sana, sedangkan kekerasan dan kekerasan hati ada pada orang orang yang bersuara keras di dekat pangkal ekor unta ketika muncul sepasang tanduk setan, yaitu pada golongan rabiah dan Bani Mundhar" (HR Muslim)

Hadits riwayat Abu Hurairah ra ia berkata, Rasulullah pernah bersabda: "Penduduk yaman datang, mereka lebih halus hatinya. Iman ada pada orang Yaman, fikih ada pada orang Yaman dan hikmah ada pada orang Yaman" (HR Muslim)


Berbuat Baik Kepada Tetangga dan Memuliakan Tamu

Hadits riwayat Abu Syuraikh Al-Khuza'i ra berkata, Nabi muhammad saw bersabda: "Barang siapa yang beriman kepada allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya. Barang siapa yang beriman kepada allah dan hari akhir, maka hendaklah ia memuliakan tamunya. Barang siapa yang beriman kepada allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata yang baik atau diam" (HR Muslim)


Memuliakan Tetangga dan Tamu

Hadits riwayat Abu Hurairah ra ia berkata: Rasulullah saw bersabda: "Barang siapa yang beriman kepada allah swt dan hari kiamat, maka hendaklah ia berbicara yang baik atau diam. Barang siapa yang beriman kepada allah swt dan hari kiamat, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya dan barang siapa yang beriman kepada allah swt dan hari kiamat, maka hendaklah ia memuliakan tamunya" (HR Muslim)


Mencintai Saudara

Hadits riwayat Anaas bin Malik ra ia berkata nabi muhammad saw bersabda: "Salah satu di antara kalian tidak beriman sebelum ia mencintai saudaranya (atau beliau bersabda: tetangganya) seperti mencintai diri sendiri (HR Muslim)


Mencintai Allah

Hadits riwayat Anas bin Malik ra ia berkata nabi muhammad saw bersabda: "Seorang hamba (dalam hadits Abdul Warits, seorang laki laki) tidak beriman sebelum aku lebih dicintainya dari keluarganya, hartanya dan semua orang" (HR Muslim)


Islam Yang Paling Utama

Hadits riwayat Abu Musa ra ia berkata: aku pernah bertanya: "wahai rasulullah, islam manakah yang paling utama? Rasulullah saw bersabda: Orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya" (HR Muslim)


Islam Yang Paling Baik

Hadits riwayat Abdullah bin Amru ra berkata: "Seseorang bertanya kepada rasulullah saw. Islam manakah yang paling baik? Rasulullah saw bersabda: Memberikan makanan, mengucap salam kepada orang yang engkau kenal dan tidak engkau kenal" (HR Muslim)


Malu dan Kebaikan

Hadits riwayat Imran bin Husaini ra ia berkata: Nabi muhammad saw pernah bersabda: "malu itu tidak datang kecuali dengan membawa kebaikan" (HR Muslim)


Malu Adalah Bagian Dari Iman

Hadits riwayat Ibnu Umar ra ia berkata, Nabi muhammad saw mendengar seseorang menasihati saudaranya dalam hal malu, lalu nabi saw bersabda: Malu adalah bagian dari iman (HR Muslim)


Malu Adalah Cabang Iman

Hadits riwayat Abu Hurairah ra ia berkata, Rasulullah saw bersabda: "Iman itu ada tujuh puluh cabang lebih, dan malu adalah salah satu cabang iman" (HR Muslim)


Dua Kalimat Syahadat

Hadits riwayat Ubadah bin Shamit ra ia berkata, Rasulullah saw bersabda: "Barang siapa mengucapkan: aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain allah semata, tidak ada sekutu baginya dan muhammad saw hamba utusannya dan bersaksi bahwa nabi isaas adalah hamba allah dan anak hambanya, serta kalimatnya yang dibacakan kepada maryam dan dengan tiupan ruhnya, bahwa surga itu benar dan bahwa neraka itu benar, maka allah akan memasukkannya melalui pintu dari delapan pintu surga mana saja yang ia inginkan" (HR Muslim)


Jangan Berdusta Atas Nama Nabi

Hadits riwayat Ali ra ia berkata, Rasulullah saw bersabda: "Janganlah engkau berdusta mengatasnamakan aku, karena sesungguhnya orang yang berdusta atas namaku, maka ia akan masuk neraka" (HR Muslim)


Ganjaran Shalihin

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda: Berfirman Allah yang maha agung: "Sudah kupersiapkan untuk hambaku yang shalih apa yang tidak pernah mata melihatnya, tidak pernah telinga mendengarnya dan tidak bisa dibayangkan manusia" (HR. Al Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, Ibn Majah, Ad Darimi)


Menyikapi Kemungkaran

Dari Abu Said Al-Khudri ra berkata, aku mendengar Raslullah saw bersabda: "Barang siapa di antara kalian melihat kemungkaran, hendaklah ia merubhnya dengan tangannya (kuasanya), bila tidak mampu, maka dengan lisannya (nasihatnya), dan kalau tidak mampu, maka dengan hatinya (tidak meridhai perbuatan tersebut). Yang demikian itu adalah selemah lemah iman" (HR Muslim)


Beriman dan Beristiqamah

Dari Abu Amr dan dikatakan pula dari Abi Amrah Sufyan bin Abdillah Ats Tsaqafy ra berkata, Rasulullah bersabda: "Wahai rasulullah saw, beritahukan kepadaku suatu ungkapan tentang islam yang tidak akan aku tanyakan kepada seorangpun selain engkau!". Beliau bersabda: "Katakanlah, Amantu Billah (aku beriman kepada allah), kemudian hendaklah engkau beristiqamah" (HR Muslim)


Belas Kasih Terhadap Musuh dan Binatang

Dari Abi Ya'la Syaddad bin Aus ra, menerangkan bahwa rasulullah saw bersabda: "Sesungguhnya allah telah menetapkan kebaikan (ihsan) atas segala sesuatu. Maka apabila kalian membunuh (di dalam peperangan), lakukanlah dengan baik, dan jika kalian menyembelih, maka lakukanlah dengan baik. Hendaklah setiap kalian menajamkan mata pisaunya dan menyenangkan hewan sembelihnya" (HR Muslim)


Agama Itu Nasihat

Dari Abu Ruqayah Tamim bin Aus Ad-Dhari ra menerangkan bahwa nabi saw bersabda: "Agama itu adalah nasihat". Kami bertanya: "Barang siapa?" Beliau bersabda: "Bagi allah, kitabnya, rasulnya, para pemimpin kaum muslim, dan bagi kaum muslimin pada umunya" (HR Muslim)
Kumpulan Hadits Terjemahan Hadits Bukhari Muslim Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Post a Comment