Kumpulan Hadits Terjemahan Dari Hadis Bukhari

kumpulan hadits, hadis bukhari

Cara Bershalawaw Kepada Nabi

Diriwayatkan oleh ka'b bin ujrah: seseorang berkata, "Ya rasulullah! kami telah mengetahui bagaimana memberi salam kepadamu, tetapi bagaimanakah cara memberi shalawat kepadamu?"

Nabi muhammad saw bersabda, "Katakan: ya allah berikanlah shalawat kepada muhammad dan keluarganya sebagaimana enkau memberikan shalawat kepada keluarga ibrahim, sesungguhnya engkau maha terpuji, maha mulia. Ya allah berikanlah berkah kepada muhammad dan keluarganya sebagaimana engkau berikan berkah kepada keluarga ibrahim. Sesungguhnya engkau maha terpuji, maha mulia".

(Allahyma shali ala muhammad wa 'ala aali muhammad, kamaa shalaita 'ala aali ibrahim, innaka hamiidun majid. Allahumma barik 'ala muhammad wa 'ala aali muhammad, kama barakta 'ala ali ibrahim, innaka hamiidum majid) (HR Bukhari).


Doa Berlindung Dari Kekikiran dan Fitnah

Diriwayatkan dari abu sa'id khudri ra: Rasulullah saw berdoa kepada allah: "Ya allah! aku berlindung kepadamu dari kekiran, dari kemalasan, dan kepikunan, dari azab kubur, dari fitnah dajjal, dan dari fitnah hidup dan mati".

(A uu'dzubika minal bukhi wal kasali, wa ardzalil umuri, wa a'dzaabil kubri, wa fitnatid dajjaali, wa fitnatil mahyaa wal mamaati). (HR Bukhari).


Adab Makan

Diriwayatkan dari Umar Salamah ra: 
Aku seorang laki laki dibawah asuhan rasulullah saw dan tanganku biasa menjelajahi semua hidangan yang ada di depanku.

Rasulullah bersabda: "Wahai anak, mulaiah dengan menyebut nama allah, dan makanlah dengan tangan kananmu. Makanlah makanan yang letaknya paling dekat denganmu".

Sejak saat itu, saya makan seperti itu. (HR Bukhari).


Ketika Allah Mencintai Seseorang

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra: Nabi muhammad saw pernah bersabda, manakala allah mencintai seseorang, dia akan memanggil jibril seraya berkata, "Aku mencintai si fulan, wahai jibril cintai pula dia". Jibrilpun mencintai orang itu dan mengumumkannya kepada semua penduduk langit. Allah mencintai si fulan, m aka cintai pula dia oleh kalian semua. Maka semua pendudu langit mencintai orang itu. Dan kemudian dia memperoleh kesenangan kesenangan dari penduduk bumi". (HR. Bukhari)


Keutamaan Datang Lebih Awal Pada Shalat Jum'at

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra: Nabi muhammad saw pernah bersabda, "Pada setiap hari jumat para malaikat berdiri di depan pintu masjid menuliskan nama nama orang secara berurutan. Ketika imam telah duduk (di atas mimbarnya) mereka menutup bukucatatannya dan duduk mendengarkan khutbahnya" (HR. Bukhari)


Tentang Menguap

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra: Nabi muhammad saw pernah bersabda, "Menguap adalah dari setan. Karena itu, apabila seseorang dari kalian menguap, tutuplah serapat mungkin, karena ketika salah satu dari kalian berkata 'huah' (pada saat menguap), setan akan menertawakannya" (HR Bukhari).


Ketika Mendapat Mimpi Buruk

Diriwayatkan dari Abu qatadah ra: "Mimpi baik adalah dari allah, sedangkan mimpi buruk adalah dari seta. Maka seandainya kalian mimpi buruk, meludahlah ke arah kiri dan berlindunglah kepada allah, karena dengan demikian mimpi buruk itu tidak akan memerangkapnya" (HR Bukhari)


Mencuci Hidung Dalam Wudhu

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra: Nabi muhammad saw pernah bersabda, "seandainya salah seorang dari kalian bangun dari tidur dan berwudhu, ia harus mencuci hidungnya dengan memasukkan air ke lubang hidungnya 3 kali. Karena setan tinggal di bagian dalam lubang hidungnya sepanjang malam" (HR Bukhari)


Doa Berlindung Dari Fitnah

Dari Anas bin Malik ra, rasulullah saw berdo'a kepada allah swt: "Ya allah, aku berlindung kepadamu dari kekikiran, dan kemlasan, dan kepikunan, dari azab kubur, dari fitna dajjal, dan dari fitnah hidup dan mati" (HR Bukhari)


Ganjaran Shalihin

Dari Abu Hurairah ra, rasulullah saw bersabda: Berfirman kepada allah yang maha agung dan luhur.

"Sudah kupersiapkan untuk hambaku yang shalih apa yang tidak pernah mata melihatnya, tidak pernah telinga mendengarnya dan tidak bisa dibayangkan manusia" (HR Al BUkhari, Muslim, At tirmidzi, Ibn Majah, Ad Damiri).



Hiudplah Laksana Orang Asing

Dari ibn umar ra berkata, Rasulullah saw memegang bahuku lalu bersabda: "Jadilah engkau di dunia laksana orang asing atau orang orang yang menyeberangi jalan. Ibn Umar ra berkata: "Jika engkau berada di sore hari, maka janganlah engkau menunggu datangnya pagi, dan jika engkau berada di waktu pagi hari, maka janganlah engkau menunggu datangnya sore. Manfaatkan waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, dan waktu hidupmu sebelum datang matimu" (HR Bukhari)


Malu

Dari Abu Mas'ud Uqbah bin Amr Al-Anshari Al Badri ra berkata, Rasulullah saw pernah bersabda: "sesungguhnya sebagian dari apa yang telah dikenal dari perkataan para nabi yaang terdahulu ialah: "bila engkau tidak malu, maka berbuatlah sesuka hati kamu" (HR BUkhari)


Jangan Marah

Dari Abu Hurairah ra, menerangkan bahwa ada seorang laki laki berkata kepada nabi muhammad saw: "berilah aku nasihat!" Beliau menjawab: "Jangan marah", orang itu berulang kali meminta supaya dirinya dinasihati, maka rasulullah saw tetap mengatakan, "Jangan marah!" (HR Bukhari)


Mencintai Saudara

Dari Abu Hamzah, Anas bin Malik ra menerangkan bahwa rasulullah saw bersabda: "Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian sehingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri" (HR Bukhari dan Muslim)


Jangan Banyak Bertanya

Dari Abu Hurairah Abdur Rahman bin Sakhr ra berkata: Aku mendengar rasulullah saw bersabda: "Apa yang aku larang untuk kalian, maka tinggalkanlah, dan apa yang aku perintahkan kepada kalian, maka laksanakanlah sesuai dengan kemampuan kalin. Sesungguhnya yang telah membinasakan umat umat sebelum kalian adalah banyaknya pertanyaan dan perselisihan terhadap para nabi mereka" (HR Bukhari).


Perintah Perang

Dari Ibn Umar ra menerangkan bahwa rasulullah saw bersabda: "Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka mau bersaksi tiada tuhan selain allah dan muhammad adalah rasul allah. Mendirikan shalat dan membayar zakat apabila mereka telah melakukan itu, maka mereka telah melindungi darah dan harta bendanya dariku, kecuali ada haq (hukum) islam, sedangkan hisab mereka terserah kepada allah swt" (HR Bukhari dan Muslim)



Lima Pilar Agama Islam

Sari Abu Abdur Rahman Abdullah bin Umar bin Khattab ra berkata: Aku pernah mendengar rasulullah saw bersabda: "Islam itu dibangun atas 5 pilar, 1 persaksian bahwa tiada tuhan selain allah swt dan muhammad rasul allah, 2 mendirikan shalat, 3 mengeluarkan zakat, 4 melaksanakan ibadah haji ke baitullah dan 5 berpuasa ramadhan" (HR Bukhari dan Muslim)


Hiduplah Bagai Pengembara

Diriwayatkan dari (mujahid) Ibn Umar berkata: "Rasulullah saw memegang bahuku dan berkata, "hiduplah di dunia ini seakan akan kamu adalah orang asing atau sebagai pengembara".

(perawi lain hadits ini menambahkan): Ibn Umar berkata, "Jika umurmu mencapai malam hari, maka jangan menanti pagi hari, dan jika umurmu mencapai pagi hari, maka jangan menanti malam hari, ambillah (waktu) sehatmu untuk sakitmu dan ambillah (masa) HIdupmu untuk matimu" (HR Bukhari)
Kumpulan Hadits Terjemahan Dari Hadis Bukhari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Post a Comment