Kisah Singkat Nabi Ilyasa Dan Hikmahnya

kisah nabi ilyasa, nabi ilyasa'

Nabi ilyasa' adalah anak angkat nabi ilyas as, sedangkan ayah nabi ilyasa' sendiri adalah akhtub bin 'ayuz. Allah swt berfirman di dalam al-qur'an: "Dan ismail, ilyasa', yunus, dan luth, masing masing kami lebihkan derajatnya di atas umat lain (di masyarakat)" (QS Al-An'am: 86). Nabi ilyasa' as termasuk hamba allah swt yang terbaik. Ada yang mengatakan nabi inilah yang disebut dalam kitab suci taurat. Diantara mukjizatnya adalah menghidupkan kembali orang yang telah mati, hanya allah yang tahu tentang kisah beliau.

Kaum nabi ilyasa' selama beliau hidup, senantiasa patuh dan menuruti ajaran ajaran yang diserukan kepada mereka, sehingga hidup mereka aman, tentram dan makmur. Tetapi, setelah nabi ilyasa' meninggal dunia, kaum israil melupakan ajaran ajaran nabinya itu. Mereka mengambil jalan yang sesat, sehingga bertambah tambahlah kekufuran dan kedurhakaan mereka kepada allah swt. Maka allah swt akhirnya mendatangkan azabnya dengan melenyapkan kenikmatan dan kesenangan mereka. Setelah itu, lahirlah nabi yunus as di tengah tengah mereka.

Kesimpulan Dan Hikmah Kisah Nabi Ilyasa' :

  1. Nabi ilyasa' adalah anak angkat nabi ilyas as. Ayahnya yang sebenarnya adalah akhtub bin 'ayuz. Setelah dewasa, nabi ilyasa' di angkat oleh allah swt mennjadi rasulnya.
  2. Semasa nabi ilyasa' hidup, bani israil selalu patuh dan menuruti segala perintah yang diserukan kepadanya, sehingga mereka hidup aman dan makmur.
  3. Setiap umat yang durhaka kepada allah swt, lambat atau cepat pasti akan di azab olehnya, kemudian digantikan oleh umat yang lainnya. Setelah nabi ilyasa' as meninggal, allah swt mengutus nabi yunus as kepada kaum bani israil.
Semoga artikel yang selalu saya post bisa bermanfaat buat seluruh pembaca Ceramah Agama Islam Terkini, dan jika ada sesuatu yang salah, silahkan tinggalkan pesan di komentar. agar saya bisa memperbaiki kesalahan saya. Semoga selalu menjadi pembaca setia di blog ini. Salam sejahtera. Terima kasih !

Baca Juga :
Kisah Singkat Nabi Ilyasa Dan Hikmahnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Post a Comment