Kumpulan hadis Terjemahan Dari Hadits Qudsi

kumpulan hadis, hadits qudsi

Beberapa Hadits Qudsi :


Tetap Memuji Allah Ketika Diuji

Berkata Abu Asy'ats Ash-Shan'aani ra bahwasannya nabi muhammad saw: "Allah telah berfirman: "Sekiranya aku uji salah seorang hambaku yang mu'min, lalu ia memujiku atas apa yang telah aku ujikan itu (niscaya aku akan perintahkan kepada malaikatku) agar berilah pahala yang bersambungan baginya, sebagaimana pahala yang biasa kalian berikan" (HR. Ahmad Thabrani).


Menerima Musibah Dengan Kesabaran

Berkata Anas bahwasannya nabi muhammad saw bersabda: "Allah telah berfirman: "Jika aku menimpakan suatu musibah ke atas salah seorang hambaku pada badannya, atau hartanya, atau anaknya, lalu dia menerima musibah itu dengan penuh kesabaran, niscaya di hari kiamat aku malu akan menegakkan baginya neraca timbangan atau membuka buku catatan amalnya" (HR. Qudhai) dan (dailami, Hakim, Tirmidzi).


Ujian Allah Atas Hambanya

Berkata Abu Umamah ra, bahwasannya nabi muhammad saw: "Allah telah berfirman: "Wahai malaikatku, pergilah kepada hambaku, dan timpakan ke atas bala". Maka para malaikatpun menimpakan bala ke atasnya dan orang itu memuji allah. Para malaikat lalu kembali mengatakan, "Wahai tuhan kami! kami telah menimpakan atasnya sebagaimana yang engkau perintahkan". (HR. Thabrani)


Bergembiralah Karena Sakit

Dari Abu Hurairah ra, bahwasannya ia bersama dengan rasulullah saw menjenguk orang yang sakit karena demam, lalu rasulullah saw bersabda: "Bergembiralah, karena allah telah berfirman:

"Itu adalah apiku, yang aku kuasakan terhadap hambaku yang mu'min di dunia agar menduduki (sebagai pengganti) bagian apinya di akhirat" (Hadits ini ditakhrijkan oleh ibnu majah).


Mengeluh Sebelum 3 Hari

Berkata Abu Dardans ra, bahwasannya rasulullah bersabda: "Allah swt telah berfirman: "Jika hambaku mengeluh dan mengadukan penyakitnya sebelum 3 hari, maka ia telah mengadukan aku" (HR Thabrani).


Tidak Mengadu Atau Mengeluh

Sari Abu Hurairah ra bahwasannya rasulullah saw bersabda: "Allah swt telah berfirman: "Apabila aku menimpakan bala ke atas hambaku yang mu'min, lalu ia bersabar (atas penderitaan itu), tiada ia mengadu atau mengeluh kepada pengunjung pengunjungnya, niscaya akan aku lepaskan dia dari tahananku (penderitaan itu), kemudian aku tukarkan dagingnya dengan daging yang lebih baik, dan darahnya dengan darah yang lebih baik, sehingga ia dapat bekerja semula (Yakni setelah semua dosa dan kesalahan yang lalu allah ampunkan semuanya)" (HR Al-Hakim)


Luangkan Waktu Untuk Ibadah

Dari Abu Hurairah ra, nabi muhammad saw bersabda: "Sesungguhnya allah swt berfirman: "Wahai anak adam, luangkanlah waktu untuk ibadah kepadaku, maka aku isi dadamu dengan kekayaan dan aku tutup kekafiranmu. Jika tidak demikian maka aku isikan kesibukan di mukamu dan aku tidak menutup kekafiranmu" (Hadits ini di takhrijkan oleh At-Tirmidzi)


Segera Shalat Setelah Adzan

Dari Uqbah Ibn Amir ra berkata, aku mendengar rasulullah saw bersabda: "tuhanmu kagum terhadap penggembala kambing di ujung bukit yang di kala di dengungkan adzan ia mendirikan shalat. Lalu allah yang maha mulia dan maha besar berfirman: "Lihatlah hambaku ini, di dengungkan adzan kemudian ia shalat karena takut (khaafu) terhadapku, aku telah mengampuni hambaku dan memasukkannya ke surga" (Hadits ini ditakhrijkan oleh An Nasa'i)


Shalat Tepat Waktu

Berkata Siti 'Aisyah Bahwasannya rasulullah saw bersabda: "Allah swt telah berfirman: "Sesungguhnya aku telah berjanji dengan dzatku terhadap hambaku, bahwa apabila dia menunaikan shalat tepat pada waktunya, niscaya aku tidak akan menyiksanya, dan bahwa aku akan memasukkannya ke dalam surga tanpa hisab lagi" (HR. Hakim)


Mengingat Tuhan Disaat Perang

Berkata Umarah bin Daskarah ra, bahwasannya rasulullah saw bersabda: "Allah telah berfirman: "Sesungguhnya hambaku itu ialah setiap orang yang mengingatiku, di waktu dia sedang menemui lawannya (dimedan perang)" (HR. Tirmidzi)


Persembahan Terbaik Kepada Allah

Dari Abu Umamah Al Bahili ra, bahwasannya rasulullah saw bersabda: "Allah telah berfirman: "Sebaik baiknya persembahan yang dapat diberikan hambaku kepadaku ialah menyampaikan nasehat karenaku" (HR. Ahmad, Hakim, Abu Nu'aim).


Menyekutukan Allah

Dari Abu Hurairah ra, rasulullah bersabda: "Allah swt telah berfirman: "Dari segala yang dipersekutukan, akulah yang paling tidak butuh kepada persekutuan. Maka barang siapa dalam pekerjaannya menyekutukan aku dengan yang lain, aku lepas daripadanya, sedang ia milik yang ia persekutukan" (HR. Ibn Majah)


Berkasih Sayang Demi Keluhuran Allah

Dari Mu'ads Ibn Jabal ra berkata: aku mendengar rasulullah saw bersabda, allah swt berfirman: "Mereka yang berkasih sayang demi keluhuranku, bagi mereka mimbar mibar cahaya yang menyebabkan para An- Nabi dan para Asy Syuhada iri kepada mereka" (HR At-Tirmidzi)


Ikhlas

Aku bertanya kepada Hudzaifah tentang ikhlas, apakah dia? jawabnya: aku sudah bertanya kepada rasulullah saw tentang ikhlas, apakah dia? beliau saw bersabda: "Aku sudah bertanya kepada jibril, jawabnya, aku sudah bertanya kepada tuhan keagungan tentang ikhlas, apakah dia, apakah dia. Allah swt berfirman: salah satu rahasia dari rahasiaku. Aku mempercayakannya kepada qalb siapa yang aku cintai di antara hamba hambaku" 


Khauf dan Rajaa

Dari Ali Ibn Thalib, rasulullah saw bersabda, Allah swt telah berfirman: "Barang siapa terhadap (raja) kepada selainku, tidak mengenalku (Ya'arifniy). Barang siapa tidak mengenal ku, tidak mengabdi kepadaku (Ya'abudniy). Barang siapa tidak mengabdi kepadaku, maka berarti menjadi wajiblah ('istawjaba) kemurkaanku, Barangsiapa takut (khauf) kepada selainku, halal baginya pembalasanku" 
Kumpulan hadis Terjemahan Dari Hadits Qudsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Ab Rahman Yaacob said...

Tidak ada istilah "Agama Islam" yang bermaksud "Islam (al-Islam) itu adalah Agama (ad-deen)"...
Ad-deen - tauhid Rububiyyah (zat Allah)
al-Islam - tauhid Uluhiyyah (hak2 mutlak (zat) Allah).

Ab Rahman Yaacob said...

Ad-deen (Agama) diberlakukan terhadap zat Allah...
... al-Islam (Islam) diberlakukan terhadap hak-hak mutlak (zat) Allah...

Unknown said...

terimah kasih sudah berkunjung dan memberi komentar/masukannya syeikh yunan said

Post a Comment