Kumpulan Hadits Terjemahan Ibnu Majah

kumpulan hadts, ibnu majah

Inilah Beberapa Hadits Ibnu Majah :


Bergembiralah Karena Sakit

Dari Abu Hurairah ra, bahwasannya ia bersama dengan rasulullah saw menjenguk orang yang sakit karena demam, lalu rasulullah saw bersabda: "Bergembiralah karena allah telah berfirman: "Itu adalah apiku, yang aku kuasakan terhadap hambaku yang mukmin di dunia agar menduduki (sebagai pengganti) bagian apinya di akhirat" (Hadits ini di takhrijkan oleh Ibnu Majah)


Menyekutukan Allah

Dari Abu Hurairah ra, rasulullah saw bersabda: berfirman allah yang maha besar: "Dari segala yang dipersekutukan, akulah yang paling tidak butuh kepada persekutuan, maka barang siapa dalam pekerjaannya menyekutukan aku dengan yang lain, aku lepas daripadanya, sedang ia milik yang ia dipersekutukan" (HR Ibnu Majah)


Kesalahan Yang Diampuni

Dari Ibnu Abbas ra berkata bahwa rasulullah saw bersabda: "Sesungguhnya allah swt mengampuni beberapa kesalahan umatku yang disebabkan karena keliru, karena lupa, dan karena dipaksa" (Hadits hasan ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Baihaqi, dll)


Jangan Saling Merugikan

Dari Abu Sa'id bin Malik bin Sinan Al-Khdri ra berkata bahwa rasulullah saw bersabda: "Janganlah kalian saling merugikan" (HR Ibnu Majah, Daruqutnhi dll, hadits ini hasan, huga diriwayatkan oleh malik dalam kitabnya Al-Muwatha' sebagai hadits mursal, dari AMr bin Yahya, dari Bapaknya dari Nabi muhammad saw, dengan begitu meniadakan Abi Sa'id. Hadits ini mempunyai beberapa jalur, tiap tiap jalur menguatkan yang lain)


Zuhud: Amal Yang DIcintai Allah Dan Manusia

Dari Abu Abbas Sahl As-Sa'id ra berkata: "Ada seorang lelaki datang kepada rasulullah saw dan bertanya: "Ya rasulullah saw, tunjukkan kepadaku suatu amalan yang apabila aku mengamalkannya, niscaya aku akan dicintai oleh allah swt dan dicintai manusia". Maka di jawab rasulullah saw: "Zuhudlah terhadap apa yang ada di dunia maka allah akan mencntaimu, dan zuhudlah terhadap apa yang ada di tangan masusia, maka manusiapun akan mencintaimu" (HR Ibnu Majah dll, dengan sanad hasan)


Sesuai Prasangka Hambanya

Dari Abu Hurairah ra berkata, nabi saw bersabda, berfirman allah swt yang maha besar: "Aku berada dalam sangkaan hambaku tentang aku, dan aku bersama samanya ketika ia menyebut aku. Bila ia menyebut aku dalam dirinya, aku menyebut dia dalam diriku. Bila ia menyebut aku dalam khalayak aku menyebut dia dalam khalayak yang lebih baik dari itu. Bila ia mendekat kepadaku satu jengkal, aku mendekat kepadanya satu hasta, Bila ia mendekat kepadaku satu hasta, aku mendekat kepadanya satu depa, Bila ia datang kepadaku dengan berjalan, aku datang kepadanya sambil berlari lari" (HR Al bukhari, Muslim, Ibnu Majah, At-Tirmidzi, Ibn Hanbal)


Wali Allah

Dari Abu Umamah ra, rasulullah saw bersabda, berfirman allah swt: "Di antara para waliku di hadhiratku, yang paling menerbitkan iri hati ialah si mukmin yang kurang bartanya, yang menemukan nasib hidupnya dalam shalat, yang paling baik ibadat kepada tuhannya, dan taat kepadanya dalam keadaan tersembunyi maupun terang. Ia tak terlihat di antara khaayak, tak tertuding dengan telunjuk. Rezekinya pas pasan, tetapi iapun sabar dengan hal itu". Kemudian beliau saw menjentikkan jarinya, lalu bersabda: "Kematiannya dipercepat, tangisnya hanya sedikit dan peninggalannya amat kurangnya" (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibn Hanbal)


Ganjaran Shalihin

Dari Abu Hurairah ra rasulullah bersabda, allah swt berfirman: "Sudah kupersiapkan untuk hambaku yang shalih apa yang tidak pernah mata melihatnya, tidak pernah telinga mendengarnya dan tidak bisa dibayangkan manusia" (HR Al Bukhari, Muslim, At tirmidzi, Ibn Majah, Ad Darimi)
Kumpulan Hadits Terjemahan Ibnu Majah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Post a Comment