Inilah Beberapa Hadits Menuntut Ilmu Dalam Islam

menuntut ilmu dalam islam, kumpulan hadits

Assalamu'alaikum sobat, Kali ini saya akan membagikan kumpulan hadits yang menyangkut dengan menuntut ilmu dalam islam, semoga dengan adanya hadits menuntut ilmu yang sudah saya share akan membuat kalian semua tambah semangat dalam menuntut ilmu, karena menuntut ilmu adalah ibadah dalam islam.

Hadits menuntut ilmu dalam islam :

  • "Barang siapa menginginkan soal soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya, dan barang siapa yang ingin (selamat dan berbahagia) di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmunya pula, dan barang siapa yang menginginkan kedua duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua duanya pula" (HR. Bukhari dan Muslim)
  • "Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan allah hingga ia pulang" (HR Tirmidzi)
  • "Menuntut ilmu itu diwajibkan bagi setiap orang islam" (Riwayat ibnu majah, Al Baihaqi, Ibnu Abdil Barr, dan Ibnu Adi, dari Anas bin Malik)
  • Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, allah akan memudahkan baginya jalan ke surga" (HR Muslim)
  • "Duduk bersama para ulama adalah ibadah" (HR. Al Dailami)
  • "Apabila kamu melewati taman taman surga, minumlah hingga puas. Para sahabat bertanya, "Ya rasulullah, apa yang dimaksud taman taman surga itu?. Nabi muhammad saw menjawab, "Majelis majelis ta'lim/ilmu" (HR. Al Thabrani)
  • "Termasuk mengagungkan allah ialah menghormati (Memuliakan) ilmu, para ulama, orang tua yang muslim dan para pengemban al-qur'an dan ahlinya, serta penguasa yang adil (Abu dawud, dan al Thusiy)
  • "Barang siapa yang dikehendaki oleh allah swt, niscaya akan difahamkan tentang urusan agamanya"
  • "Barang siapa menempuh suatu jalan dalam rangka mencari ilmu maka allah akan tunjukkan baginya salah satu jalan dari jalan jalan menuju ke surga. Sesungguhnya malaikat meletakkan sayap sayap mereka sebagai bentuk keridhaan terhadap penuntut ilmu. Sesungguhnya semua yang ada di langit dan di bumi meminta ampun untuk seorang yang berilmu sampai ikan yang ada di air. Sesungguhnya keutamaan orang yang berilmu dibandingkan dengan ahli ibadah sebagaimana keutamaan bulan purnama terhadap semua bintang. Dan sesungguhnya para ulama adalah pewaris para nabi, dan sesungguhnya mereka tidaklah mewariskan dinar maupun dirham, akan tetapi mewariskan ilmu. Barang siapa yang mengambil bagian ilmu maka sungguh dia telah mengambil bagian yang berharga"
  • Dari Abdullah bin Mas'ud ra nabi muhammad saw pernah bersabda: "Janganlah ingin seperti orang lain, kecuali seperti dua orang ini. Pertama orang yang diberi allah kekayaan berlimpah dan ia membelanjakannya secara benar, kedua orang yang diberi allah al-hikmah dan ia berperilaku sesuai dengannya dan mengajarkannya kepada orang lain" (HR Bukhari)
  • "Apabila manusia telah meninggal dunia maka terputuslah semua amalannya kecuali tiga amalan: Shadaqah jariyyah, ilmu bermanfaat dan anak shalih yang mendoakan dia" (HR Muslim)
  • "Orang terbaik di antara kalian adalah orang yang mempelajari al-qur'an dan mengajarkannya"
  • "Orang yang paling pedih siksanya pada hari kiamat ialah seorang alim yang allah jadikan ilmunya tidak bermanfaat" (HR Al- Baihaqy)

Itulah beberapa hadits tentang menuntut ilmu yang bisa saya bagikan, semoga artikel nya bermanfaat dan dapat membuat kita lebih semangat lagi dalam menuntut ilmu. Amin


Baca Juga :

Inilah Beberapa Hadits Menuntut Ilmu Dalam Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Tiara said...

mkasi ilmu agama nya,semoga brmanfaat jg buat pengunjung yg lainya..

Tiara said...

mkasi ilmu agama nya,semoga brmanfaat jg buat pengunjung yg lainya..

Post a Comment